1/8/12

Pay Per View Live Streaming NBL Indonesia


Awal Desember tahun lalu, NBL Indonesia merilis jadwal live streaming 75 pertadingan seri reguler di tujuhkota Indonesia. Live streaming NBL Indonesia bisa dinikmati mulai seri 1 Bandung dengan mengakses livesstreaming.nblindonesia.com. Namun, mulai seri 2 Solo, untuk bisa menyaksikan live streaming NBL Indonesia melalui harus membayar Rp 20.000,- per pertandingan atau Rp 350.000,- untuk semua pertandingan. Hal ini saya ketahui melalui twitter @nblindonesia tadi malam. Dengan sistem pay per view seperti ini pihak NBL Indonesia menjanjikan kualitas layanan live streaming yang jauh lebih baik dibanding dengan live streaming saat seri 1 di Bandung, Desember lalu.


Saya sendiri belum tahu bagaimana kualitas live streaming NBL Indonesia bulan lalu. Karena menggunakan mobile broadband ‘Paket unlimited tapi setelah mencapai kuota tertentu kecepatannya tak lebih cepat dari semut ngangkut gula’, sulit bagi saya untuk bisa menikmati live streaming dengan tenang. Alhasil, saya harus puas dengan menyaksikan live tweet dari akun @nblindonesia.
Setelah pengumuman tersebut, muncullah tanggapan-tanggapan yang meramaikan linimasa twitter. Banyak yang mendukung, tapi tak sedikit pula yang kecewa. Dengan system pay-per-view live streaming NBL Indonesia, beban materi untuk menyaksikan NBL Indonesia semakin banyak karena akses internet juga tidak gratis. Kecuali hotspot di kampus dan cafe-café dan sejenisnya, kalo tidak mati :p. Belum lagi masalah kecepatan internetnya, karena untuk bisa menyaksikan live streaming dengan lancar kecepatan download harus di atas 512 kbps. Jadi, kalo memakai modem sinyalnya harus 3G/EVDO.
System pay-per-view mungkin masih bisa kita siasati dengan patungan sama temen-temen untuk beli voucher lalu nonton bareng. Itu kalo tempat kita ada akses internet. Lalu bagaimana dengan daerah-daerah yang listrik aja masih sulit diakses? Istilah live streaming mungkin takkan pernah ada dalam benak mereka. Oleh karenanya, kita dukung saja kebijakan baru dari NBL Indonesia selama itu akan memberikan dampak positif untuk kemajuan liga. Apabila liga basket kita maju, prestasinya menjulang, nama Indonesia pun semakin harum. Kita, sebagai warga negara Indonesia tentu bangga dong!
Maka, tak usahlah kita capek-capek komplain jika tak memberi solusi. Kalo mampu ya silakan beli voucher dan nikmati live streaming. Kalo tidak, kan masih ada live tweet dari @nblindonesia dan siaran langsung di tv meski hanya 10 pertandingan. Atau, nonton langsung ke stadion, pasti lebih seru!!!

No comments:

Post a Comment