11/10/11

Sea Games 2011: Ayo Indonesia Bisa!

Logo Sea Games 2011
Southeast Asian Games (Sea Games) adalah ajang pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara. Ajang olahraga 2 tahunan ini merupakan cikal bakal dari  Southeast Asian Peninsula Games (SEAP Games) yang dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit (Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand), dengan tujuan untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antarnegara di kawasan ASEAN (wikipedia).
Sea Games pertama kali diselenggarakan di Bangkok, thailand pada tanggal 12-19 September 1957 yang diikuti oleh negara Thailand, Burma (sekarang Vietnam), Malaysia, Singapura, Kamboja dan Laos. Indonesia sendiri baru menjadi anggota resmi oada tahun 1977 bersama dengan Filipina. Kemudian diikuti oleh Brunei dan Timor Leste (wikipedia).

Tahun ini, tepatnya pada tanggal 11 – 22 November 2011, Indonesia akan menjalankan perannya sebagai tuan rumah Sea Games ke-26 dengan menunjuk dua kota: Jakarta dan Palembang sebagai kota penyelenggara. Sebanyak 44 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam Sea Games tahun ini. Sejak keikutsertaannya untuk pertama kali pada tahun 1959, Thailand telah menjadi juara umum sebanyak 11 kali. Sementara Indonesia yang baru bergabung pada tahun 1977 berhasil menjadi juara umum sebanyak 9 kali, kedua terbanyak setelah Thailand. Dan terakhir kali Indonesia menjadi juara Sea Games adalah tahun 1997 (wikipedia).
Selama 15 tahun tanpa gelar, warga Indonesia kali ini sangat-sangat berharap atlit-atlit Indonesia bisa memberikan yang terbaik dan berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara. Terlebih lagi, mereka akan bertanding di negara sendiri. Semangat ‘AyoIndonesia Bisa!’ dari seluruh warga Indonesia diharapkan bisa melecutkan semangat mereka.
Modo dan Modi
Burung Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia dipilih menjadi logo Sea Games ke-26 karena melambangkan kekuatan, kemegahan dan kejayaan. Sementara itu, ‘Modo dan Modi’ yang merupakan ejaan modifikasi dari ‘muda dan mudi’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘remaja putra dan putri’ dipilih menjadi maskot untuk Sea Games 2011. Maskot ini diadaptasi dari hewan Komodo yang merupakan salah satu hewan endemic di Indonesia yang hidup di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. Pemilihan komodo sebagai maskot untuk Sea Games 2011 sekaligus bertujuan untuk mempromosikan Pulau Komodo sebagai tujuan pariwisata ke seluruh dunia.
Dengan semangat ‘Ayo IndonesiaBisa!’ tersebut diharapkan tak hanya prestasi olahraga Indonesia di Sea Games 2011 saja yang meningkat, tetapi juga jumlah kunjungan turis-turis baik dalam maupun luar negeri ke Pulau Komodo juga meningkat. Begitu juga dengan prestasi-prestasi yang lain. Ayo Indonesia Bisa!

1 comment: