11/23/12

Membuat Pdf Berukuran Kecil

Bisa dibilang, postingan kali ini adalah postingan langka. Baru sekali ini saya menulis tentang komputer. Walaupun tentu saja, dalam porsi yang sederhana, sepengertian saya :)

Jadi begini, dalam rangka melamar pekerjaan yang saat ini paling sering dilakukan melalui email, saya pun men-scan ijazah dan transkip agar bisa di-attach dalam lamaran saya. Namun, hampir semua perusahaan mensyaratkan agar file attachment-nya berukuran dibawah 500kb. Sementara satu file hasil scan rata-rata berukuran 2MB (jpg) dan 1MB (pdf). Untuk melamar, saya menggunakan file pdf. Oleh karena itu, saya harus memperkecil file-file saya. 

Sudah googling sana-sini, saya masih belum berhasil memperkecil file saya. Ada aplikasi pdf compression sebenarnya, tapi setelah saya coba aplikasi tersebut hanya mampu mengurangi sedikit ukuran file saya. Ada lagi yang menyarankan untuk menggunakan adobe acrobat. Sayangnya, aplikasi tersebut tidak terinstal di laptop saya. Sehari-hari, saya menggunakan foxit reader untuk membaca file pdf. Akhirnya saya otak-atik dengan aplikasi yang ada dalam laptop. Dan caranya cukup mudah, cukup menggunakan ms.word (versi 2010).

Langsung buka saja ms.word seperti kita mengetik biasanya. Setelah selesai memasukkan semua file yang dikehendaki, langsung simpan saja seperti biasa. Dan jangan lupa, pada kotak dialog "save as type" dipilih pdf, serta "optimize for minimum size". Voila, jadilah file pdf yang ukurannya dikehendaki perusahaan. Selamat mencoba :D






No comments:

Post a Comment